SEBANYAK 110 ANGGOTA PRAMUKA KWARTIR DAERAH XII PROPINSI DIY, IKUTI PERKEMAHAN BAKTI SAKA KENCANA TI

Untuk meningkatkan peran dan darma bakti anggota Pramuka kepada masyarakat, Kwartir Daerah XII Gerakan Pramuka DIY adakan Perkemahan Bakti Saka Kencana Tingkat Daerah Tahun 2009 selama tiga hari mulai tangal 25 sampai dengan 27 Juni 2009 di Dusun Sungapan Sriharjo Imogiri.

Era globalisasi yang melanda dunia telah mempengaruhi pola sikap dan pola pikir semua masyarakat baik tua maupun muda. Perubahan tersebut telah menimbulkan efek meningkatnya penderita HIV/Aids, Pengguna narkoba, kenakalan remaja, kriminalitas. Gerakan Pramuka telah diupayakan serta diwujudkan dalam berbagai kegiatan untuk membentengi pengaruh negatif dan memberikan motivasi yang kuat untuk melahirkan suatu generasi muda yang mantap dan bertanggungjawab dalam menghadapi kehidupan, hal tersebut dikatakan Waka Binamuda Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta drh. St. Sri Budoyo pada pembukaan Perkemahan Bakti Saka Kencana Tingkat Daerah Tahun 2009, Kamis (15/6) dis Dusun Sungapan Sriharjo Imogiri Bantul.

Lebih lanjut dikatakan Budoyo sebagaimana telah kita ketahui bersama, bahwa tugas pokok Gerakan Pramuka adalah mendidik kaum muda Indonesia agar berwatak dan berkepribadian luhur serta memiliki jiwa bela negara yang handal, menjadi kader pembangunan yang bermoral dan ikut serta membangun masyarakat, bangsa dan negara.

Gerakan pramuka juga memunyai andil membantu pemerintah dalam mewujudkan keluarga indonesia yang bahagia dan sejahtera. Peran serta gerakan pramuka dalam membantu mensukseskan visi program Keluarga berencana (KB) Nasional yaitu seluruh keluarga ikut KB, dilakukan dengan membina sikap dan tingkah laku generasi muda melalui wadah Satuan Karya Pramuka Keluarga Berencana (Saka Kencana) melalui pendekatan keluarga, penyuluhan tentang kesehatan reproduksi remaja, pembinaan kesehatan keluarga dan lain sebagainya..

Sementara Ketua Panitia Perkemahan Bakti Saka Kencana Tingkat Daerah Tahun 2009 Mulyono mengatakan tujuan kegiatan adalah sebagai wadah pertemuan Pramuka khususnya anggota Saka Kencana untuk menggalang persaudaraan, menambah pengalaman, pengetahuan, ketrampilan, wawasan dan meningkatkan rasa patriotisme. Tema yang diambil pada acara tersebut yakni :Wujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera demi hari esok yang ceria, sedangkan motto kegiatan ini adalah satyaku kudarmakan darmaku kubaktikan

Kegiatan tersebut diikuti oleh Pramuka T/D sebanyak 110 yang terdiri dari utusan masing-masing kwartir cabang se DIY dan dilaksanakan selama tuga hari mulai tanggal 25 s/d 27 Juni 09 bertempat di dusun Sungapan Sriharjo Imogiri Bantul dan akan dilanjutkan diGedung Pramuka Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bantul. Adapun bentuk kegiatan dan materi akan diisi dengan Kegiatan Umum, Pendalaman Kepramukaan, Pendalaman Krida, Bhakti masyarakat dan Rekreatis.


Sebelum acara dimulai terlebih dahulu diadakan dengan suatu adat yang telah ditentukan bersama yakni Adat Buka Kegiatan yang ditandai dengan penancapan kampak pada sebatang kayu yang dilakukan oleh Wakil Ketua Dewan Kerja Daerah DIY Umi Sekaningtyas sementara pembukaan kegiatan sendiri ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Waka Binamuda Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta drh. St. Sri Budoyo (Mwd)

0 komentar:

Posting Komentar